Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ragam

Di Ajang Inacrafft 2024, Pertamina Hadirkan 29 UMKM Unggulan

PT Pertamina (Persero) akan menghadirkan 29 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) unggulan di Pameran Produk Kerajinan Inacraft 2024, yang akan berlangsung mulai 28 Februari hingga 3 Maret 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Inacraft, sebagai salah satu pameran kerajinan terbesar di Asia Tenggara, dianggap sebagai ajang pemasaran potensial bagi pelaku UMKM dalam negeri untuk merambah pasar internasional.

Fadjar Djoko Santoso, VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero), mengungkapkan bahwa Pertamina secara rutin mengikutsertakan mitra binaannya dalam berbagai pameran bergengsi di Indonesia, termasuk Inacraft. Melalui partisipasi ini, para pelaku UMKM memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan konsumen baru, baik dari dalam maupun luar negeri.

Bahkan, Pertamina juga mendukung beberapa UMKM unggulan untuk mengikuti pameran di luar negeri guna memperluas jaringan dan bertemu langsung dengan konsumen asing.

“Pameran Inacraft memberikan peluang besar bagi UMKM untuk memasarkan produk-produk unggulannya. Kami memberikan dukungan dalam bentuk pelatihan, promosi produk, dan berbagai aktivitas pendampingan lainnya,” jelas Fadjar.

Pada Inacraft 2024, 29 UMKM binaan Pertamina akan turut serta. Dari jumlah tersebut, 18 UMKM aktif di industri fashion dan kerajinan, sementara 3 UMKM bergerak di sektor kuliner, mewakili berbagai wilayah di Indonesia.

Selain itu, 8 UMKM lainnya telah mampu berpartisipasi secara mandiri, meskipun masih tetap mendapat dukungan dari Pertamina dalam berbagai aspek.

Salah satu pengusaha, Dian Susanti dari The Ethneeq, menyatakan kegembiraannya atas kesempatan ikut serta dalam Inacraft. Menurutnya, pameran tersebut dapat menjadi pintu ekspansi bagi produk fashion aksesoris miliknya ke pasar nasional maupun internasional, sekaligus mempromosikan keberlanjutan warisan budaya Bali.

Dian mengungkapkan, “Terima kasih kepada Pertamina yang telah memberikan dukungan dan pendampingan kepada kami. Ayo datang dan kunjungi booth The Ethneeq serta produk-produk UMKM binaan Pertamina lainnya di Jakarta Convention Center mulai 28 Februari hingga 3 Maret 2024.”

Advertisement. Scroll to continue reading.

Di samping fashion dan kerajinan, sektor kuliner juga akan turut meramaikan pameran ini dengan produk-produk yang menggugah selera. Pengunjung dapat menikmati minuman kelapa organik dari GoCoco, serta mencicipi hidangan lezat dari UMKM seperti Rice Bowl, siomay bandung, dan Soto Betawi.

Fadjar menambahkan bahwa Pertamina akan memberikan apresiasi kepada para pengunjung yang berbelanja produk UMKM dengan berbagai hadiah, souvenir, serta promo berupa potongan harga dan voucher belanja.

Program ini sejalan dengan upaya Pertamina dalam memajukan UMKM lokal serta mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) poin 8, yang mencakup peningkatan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Pertamina, sebagai perusahaan terkemuka di bidang transisi energi, berkomitmen untuk mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang mendukung capaian SDGs.

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan implementasi Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh operasi Pertamina.

Hendi Firdaus
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COM – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...