Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ragam

INACRAFT 2024: UMKM Pertamina Lampaui Target, Raih Transaksi Rp 4,2 Miliar

Pameran Dagang Kerajinan Tangan Internasional (INACRAFT) 2024 resmi ditutup pada Minggu (03/03), dengan kesuksesan yang mengesankan bagi 29 Unit Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan Pertamina.

Selama lima hari pameran, UMKM tersebut berhasil mencatat transaksi hingga Rp 4,2 Miliar, melampaui target awal sebesar Rp 3 Miliar dengan kenaikan sebesar 40%.

Booth UMKM Pertamina mendapat sambutan positif dari pembeli potensial, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Mereka berhasil memperkenalkan kerajinan lokal Indonesia ke pasar domestik dan internasional.

Fadjar Djoko Santoso, VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero), menyatakan, “Tingginya antusiasme pengunjung pada booth UMKM binaan Pertamina di ajang INACRAFT 2024 terbukti dengan total penjualan yang diraih hingga mencapai Rp 4,2 Milyar selama 5 hari pameran berlangsung.”

Pada INACRAFT 2024, Pertamina menampilkan banyak UMKM baru dengan kualitas produk terbaik yang telah melalui proses kurasi ketat. Salah satu contoh kesuksesan adalah Java Kulit Indonesia, UMKM asal Kota Balikpapan.

Meskipun awalnya omsetnya kurang dari Rp1 juta, produk mereka berhasil menarik perhatian pengunjung, terutama setelah mengadopsi strategi penjualan yang lebih adaptif.

Menyikapi perbedaan selera fashion antara konsumen Balikpapan dan Jakarta, pemilik Java Kulit Indonesia, Gilang, menciptakan strategi penjualan yang sukses.

Dengan pendekatan yang tepat, omsetnya melonjak hingga ratusan juta rupiah dan menarik minat pembeli dari berbagai negara, seperti Singapura dan Amerika.

Kisah sukses serupa dialami oleh UMKM lainnya, seperti Menday Craft dan Lady’s Fashion and Creativity, yang berhasil menjual habis produk mereka dan menerima pesanan dari pembeli baru.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Keberhasilan UMKM Pertamina dalam INACRAFT 2024 menunjukkan bahwa produk lokal memiliki kualitas dan daya saing yang sejajar dengan merek internasional.

Hal ini sejalan dengan visi Pertamina dalam mendukung pencapaian target Net Zero Emission 2060 dengan program-program yang memberikan dampak positif pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Pertamina berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan UMKM secara pesat melalui berbagai program pembinaan dan pameran nasional serta internasional, sehingga mereka dapat meningkatkan kualitas produk dan ekspor ke pasar global.

Revana Khatarina
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COM – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...