Connect with us

Hi, what are you looking for?

Olahraga

Indonesia vs Filipina Dipimpin Wasit Kontroversi, Ini Profil Rustam Lutfullin

Pertandingan penentuan antara Timnas Indonesia dan Filipina dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2026 akan menjadi sorotan utama tidak hanya karena intensitas kompetisi, tetapi juga karena kehadiran wasit kontroversial asal Uzbekistan, Rustam Lutfullin.

Rustam Lutfullin, berusia 33 tahun dan memiliki lisensi FIFA, akan memimpin laga krusial di Stadion GBK pada Selasa malam (11/6).

Namanya mencuat dalam sorotan setelah keputusan kontroversial yang diambilnya pada Asian Games 2022 di Huangzou, China.

Pada saat itu, keputusan Rustam Lutfullin dalam pertandingan antara Korea Utara dan Jepang memicu protes hebat dari tim Korea Utara.

Pasca kekalahan 1-2 dari Jepang, wasit Uzbekistan itu menjadi sasaran kemarahan pemain Korea Utara karena memberikan penalti kepada Jepang, yang pada akhirnya menjadi penentu kemenangan bagi Jepang.

Meski kontroversi itu melingkupi kariernya, Rustam Lutfullin telah mendapat kepercayaan untuk memimpin pertandingan-pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Pada musim 2023/2024, ia dua kali memimpin pertandingan dengan hasil menarik.

Pertandingan Filipina vs Vietnam pada November 2023 berakhir dengan kemenangan 2-0 bagi Vietnam, sementara Pakistan vs Yordania pada Maret 2024 berakhir dengan skor 3-0 untuk Yordania.

Dalam dua pertandingan tersebut, Rustam Lutfullin menunjukkan konsistensi dalam penegakan aturan dengan mengeluarkan sejumlah kartu kuning.

Meskipun kontroversinya di masa lalu, Rustam Lutfullin baru-baru ini meraih penghargaan sebagai wasit terbaik Liga Super Uzbekistan pada edisi Maret 2024.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kehadirannya di laga antara Timnas Indonesia dan Filipina diharapkan akan memastikan pengawasan yang adil dan profesional.

Dinda Tri
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COM – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...