Connect with us

Hi, what are you looking for?

Teknologi

Gambar Mobil atau Motor Bakal Muncul di SIM, Apa Tujuannya?

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sedang mempersiapkan perubahan desain Kartu Surat Izin Mengemudi (SIM) dengan penambahan gambar kendaraan sesuai kategori.

Langkah ini diambil untuk memudahkan pengenalan SIM Indonesia oleh petugas kepolisian luar negeri, terutama di negara-negara ASEAN.

Kasubdit SIM Korps Lalu Lintas Polri, Kombes Pol Heru Sutopo, menjelaskan bahwa perubahan ini akan mulai diterapkan pada Juli 2024.

“Penambahan gambar logo kendaraan di SIM bertujuan untuk mempermudah identifikasi jenis SIM oleh masyarakat dan petugas kepolisian, baik di dalam negeri maupun di luar negeri,” ujar Heru kepada awak media.

Penyematan logo kendaraan ini juga merupakan langkah untuk mengakui SIM Indonesia secara resmi di berbagai negara ASEAN, sehingga SIM yang diterbitkan oleh Polri dapat berlaku di negara-negara tersebut tanpa memerlukan SIM internasional.

Heru menambahkan bahwa tim IT Korlantas Polri sedang mengatur format di setiap Satuan Pelayanan SIM (Satpas) agar logo motor dan mobil dapat tercetak jelas pada SIM.

Meskipun terjadi perubahan dalam desain SIM, Heru menegaskan bahwa tidak ada perubahan dalam besaran biaya pembuatan SIM.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2020 tentang jenis dan tarif PNBP di Polri, biaya penerbitan SIM baru tetap seperti berikut ini:

  • SIM A Rp120 ribu
  • SIM B1 Rp120 ribu
  • SIM B2 Rp120 ribu
  • SIM C Rp100 ribu
  • SIM C1 Rp100 ribu
  • SIM C2 Rp100 ribu
  • SIM D Rp50 ribu
  • SIM D1 Rp50 ribu
  • SIM Internasional Rp250 ribu

Sebelumnya, SIM domestik Indonesia sudah diakui dan berlaku di sejumlah negara, terutama di kawasan ASEAN, berdasarkan perjanjian Agreement on the Recognition of Domestic Driving License Issued yang disepakati sejak tahun 1985.

Negara-negara yang terlibat dalam perjanjian ini meliputi Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Thailand, Laos, Myanmar, dan Brunei Darussalam.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dengan demikian, perubahan ini diharapkan dapat meningkatkan kemudahan dan kejelasan penggunaan SIM Indonesia di kancah internasional, serta memberikan kepastian bagi pengguna SIM dalam melakukan perjalanan lintas negara.

Emilia Rahmah
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COM – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...