Connect with us

Hi, what are you looking for?

Lifestyle

Ketika Batuk dan Pilek Ganggu Aktivitas, Hindari 5 Makanan Ini

LAKEYBANGET.COM – Batuk dan pilek memang sangat tidak mengenakan. Kondisi ini pula bisa membuat aktivitias menjadi terganggu.

Jika sudah seperti itu, ada baiknya Anda harus menjaga makanan atau minuman agar tidak memperburuk kondisi kesehatan.

Melansir Pristyn Care, Minggu (30/7/2023), berikut lima makanan dan minuman yang harus dihindari ketika batuk dan pilek.

1. Produk susu

Sebaiknya hindari produk olahan susu seperti susu, es krim, keju saat sedang flu. Ini akan membuat hidung Anda tersumbat atau berair dan menyebabkan lebih sulit bernapas.

2. Kafein dan alkohol

Kedua makanan ini akan membuat tubuh menjadi dehidrasi. Jadi ketika sudah kehilangan cairan dari tubuh dalam bentuk lendir, lebih baik tidak mengkonsumsinya. Alkohol mencegah sistem kekebalan berfungsi dengan baik sehingga memperpanjang batuk dan pilek.

3. Gorengan

Makanan yang digoreng cenderung membuat kondisi batuk semakin parah. Asam lemak dari mentega, lemak babi, dan asam lemak omega-6 dapat membuat tubuh memproduksi lebih banyak lendir. Makan makanan sehat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Advertisement. Scroll to continue reading.

4. Makanan padat Histamin

Histamin diproduksi oleh tubuh untuk membuang partikel berbahaya, termasuk alergen. Bahan kimia ini bekerja dengan cara memicu tubuh untuk membuat lebih banyak lendir. Ini membuat hidung meler atau tersumbat. 

Oleh karena itu, seseorang yang tengah menderita batuk dan pilek sebaiknya menghindari makanan yang kaya akan histamin. Beberapa makanan yang harus dihindari adalah alpukat, jamur, stroberi, buah-buahan kering, alkohol, yogurt, cuka, dan makanan fermentasi.

5. Gula

Mirip dengan alkohol, gula juga bisa memicu peradangan. Hal ini dapat memperburuk gejala pilek termasuk batuk. Meski bisa membuat nyaman, sebisa mungkin hindari yang manis-manis.

Dinda Tri
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info lainnya

Hiburan

Grup band rock legendaris, God Bless, dijadwalkan bakal menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada 10 November 2023. Konser spesial ini mengusung tema...

Hiburan

Pedangdut Happy Asmara baru-baru ini mengucapkan terima kasih ke Thariq Halilintar. Hal ini diketahui dari unggahan Instagramnya. Rupanya, ia sempat tak bisa mengakses akun...

Olahraga

Pemerhati sepak bola Mohammad Kusnaeni mengatakan Timnas Indonesia U-24 tembus perempat final menjadi target realistis di ajang Asian Games 2022 (2023. Kusnaeni berpendapat, bicara...

Lifestyle

LAKEYBANGET.COM – Meski telah usai, Jember Fashion Carnaval 2023 masih menyisakan jejak kemeriahan. Bagaimana tidak? Ajang tahunan ini dimeriahkan bintang-bintang tanah air dan mampu menyedot...